Wednesday, February 4, 2015

Cara Mengatasi Pesan Reboot and Select Proper Boot Device

ZeTekno.com Cara Mengatasi Pesan Reboot and Select Proper Boot Device – Pernah kah di laptop atau komputer kamu muncul pesan layar hitam dengan tulisan “reboot and select proper boot device”? teman saya pernah mengalaminya dan akibatnya bisa fatal. Lalau bagaimana tips untuk mengatasinya:

Mengatasi pesan reboot and select proper boot device Contoh pesan yang muncul ketika laptop dinyalakan

Cara Mengatasi Pesan Reboot and Select Proper Boot Device

  • Buka casing pada cpu komputer atau laptop kemudian bersihkan debu didalamnya
  • Pastikan kabel terpasang di hardisk dengan benar dan tidak longgar.
  • Selain periksa kabel, jika sebelumnya harddisk Anda dilepas pasang. Ini juga dapat mempengaruhi. Pastikan harddisk tidak terbentur atau terkena air (tetesan air).
  • Periksa kabel untuk master dan slave pada harddisk. Jika Anda menggunakan 2 harddisk yang berbeda-beda ukurannya. Pastikan harddisk yang berisi file windows terpasang pada kabel master. Dan untuk harddisk yang berisi file data dipasang dengan kabel slave.
  • Jika usaha tersebut masih tidak membuahkan hasil. Dan masih terdapat pesan yang menjengkelkan seperti itu. Restart komputer Anda, dan masuk ke bios dengan menekan tombol untuk masuk ke bios. Setiap motherboard memiliki tombol yang berbeda-beda untu kmasuk ke bios. Biasanya untuk masuk ke bios menekan tombol delete.
  • Setting default atau menekan tombol F9 lalu keluar dan simpan dengan menekan tombol F10. Jika masih tidak bisa juga, masuk ke bios dan masuk ke konfigurasi CMOS atau harddisk. Pastikan set boot 1 pada harddisk yang berisi file windows berada pada posisi master.
  • Jika masih tidak bisa juga, coba ganti kabel yang terpasang pada harddisk dengan yang baru.
  • Pastikan kabel yang dari powersupply terpasang pada harddisk dengan benar atau coba ganti dengan yang baru.

Setelah berhasil meng-diagnosa masalah awal namun belum berhasil. Ada kemungkinan file windows yang ada pada harddisk bermasalah atau rusak, sehingga booting tidak normal. Semoga bisa bermanfaat yah.

Comments


EmoticonEmoticon