Saturday, October 25, 2014

Cara Mengatur Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word 2007

ZeTekno.com Cara Mengatur Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word 2007 – Ketika membuat makalah atau karya tulis lainnya, terkadang kita diharuskan untuk membuat penomoran halaman yang berbeda dengan yang ada di halaman awal, seperti kata pengentar, daftar isi dsb.

Sebenarnya cukup sulit jika kita hanya menggunakan page number, karena akan merubah semua menjadi 1 format yang sama, nah cara untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

Cara Mengatur Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word 2007

  1. Ketik semua naskah buku, skripsi, proposal, laporan dan sebagainya.
  2. Untuk membuat nomor halaman romawi pada halaman judul sampai kata pengantar, klik insert, pada group menu Header&Footer klik Page Number kemudian pilih Bottom of page dan pilih Plain number 2
  3. Maka halaman 1 akan terlihat pada halaman judul. Untuk merubah angka standart menjadi angka romawi, klik pada page number dan pilih Format page numbers.
  4. Pada number format pilih i,ii,iii,…. Dan klik OK, maka nomor halaman akan berubah dari angka 1 menjadi i (angka romawi 1)
  5. Sampai disini semua halaman menggunakan angka romawi kecil.
  6. Untuk membuat halaman BAB I Pendahuluan dan seterusnya menjadi angka standart dimulai dari angka 1 tanpa merubah format nomor halaman sebelumnya, maka halaman BAB I harus dibuat section break. Caranya adalah letakkan kursor pada halaman BAB I atau halaman yang nomor halamannya akan dirubah. Kemudian klik Ribbon Page Layout, dan klik Breaks pada group menu Page setup. Kemudian klik atau pilihNext page. Sampai disini new section break telah terbentuk.
  7. Klik ganda pada Footer / nomor halaman BAB I, pada ribbon design, group menu navigation, nonaktifkan tombol Link to previous. Klik tombol tersebut sehingga tidak berwarna kuning lagi.
  8. Hapus nomor halaman tersebut, kemudian pada ribbon design, group menu Header&Footer klik page number. Dan pilih format page numbers.
  9. Pada number format ubah i,ii,iii,…. Menjadi 1,2,3,… kemudian pada pilihan start at pilih 1 dan klik OK.
  10. Sampai disini sudah berubah, yaitu halaman judul sampai dengan kata pengantar menggunakan format nomor halaman menggunakan angka romawi kecil sedangkan pada halaman BAB I Pendahuluan menggunakan nomor halaman angka standart.

Sekian informasi mengenai Cara Mengatur Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word 2007 semoga bisa bermanfaat yah.

Comments


EmoticonEmoticon