Saturday, August 8, 2015

Cara Cepat Reset Ulang Smartphone Android Seperti Baru dari Pabrik 2015

Cara Cepat Reset Ulang Smartphone Android Seperti Baru dari Pabrik 2015

Cara Reset Ulang OS Android Seperti Baru dari Pabrik  - Hai sobat kali ini saya kan sharemengenai cara untuk mengembalikan semua aplikasi dan pengaturan pada android kita agar kembali seperti hp baru . Untuk langkah ini biasa disebut Recovery Mode. Apa itu Recovery Mode Android? Recovery mode Android pada dasarnya adalah suatu menu Android yang berguna untuk recovery atau memperbaiki kerusakan software Android. Pada beberapa tipe handphone, upgrade software dapat juga dilakukan langsung melalui recovery mode. Tidak semua tablet / handphone Android memiliki recovery mode, namun pada beberapa tipe Android, hal ini dapat diatasi dengan menginstall recovery mode buatan pihak ketiga, misalnyaClockwordMod recovery atau xRecovery.

Cara Mudah Reset Ulang Smartphone Android

Android

Cara Cepat Reset Ulang Smartphone Android Seperti Baru dari Pabrik 2015

Pada umumnya Factory Reset dapat dilakukan melalui menu Settings (pengaturan) > Privacy (privasi) > Factory data reset (reset data pabrik). Namun bila kondisi handphonenya tidak mau start atau tidak mau masuk ke menu, maka untuk melakukan factory reset, harus melalui recovery mode.
Reset Ulang Smartphone Android dengan cara "Recovery mode" akan sangat berguna bila Anda mengalami hal-hal sebagai berikut:
1. Bila handphone Android tidak dapat start atau hanya berhenti di logo saja (biasa disebut boot loop Android). Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
2. Bila handphone Android dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet.
3. Bila Anda lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
4. Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.
Untuk melakukan factory reset via recovery mode secara garis besar dapat dilakukan dengan dua langkah mudah berikut. Namun sebelumnya, do with your own risk atau resiko ditanggung sendiri ok wink

Tahap 1: Masuk ke recovery mode


Untuk dapat masuk ke recovery mode Android, Anda harus mematikan dulu handphone / tabletnya, tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya untuk Galaxy Young S5360 tekan tombol vol Up + home + power secara bersamaan) dan Anda akan masuk ke dalam recovery mode.
Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan) bisa berbeda-beda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya. Recovery mode tampilannya hanya berupa tulisan saja. Dan didalam recovery mode, pada umumnya Anda tidak dapat menggunakan layar sentuhnya, jadi untuk navigasi naik dan turun, biasanya menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphone Android).
Berikut contoh tampilan recovery mode Android:
Recovery Mode Android

Recovery Mode Android


Tahap 2: Lakukan Wipe Data / Factory Reset


Setelah berhasil masuk ke recovery mode, yang Anda harus lakukan tinggal memilih fitur "Wipe Data / Factory Reset" setelah itu restart handphone Anda.
Agar Anda tidak bingung, berikut contoh cara melakukan factory reset pada handphone Android Samsung Galaxy Young:
1. Pastikan baterai masih cukup banyak (minimal 70%)
2. Matikan handphone
3. Tekan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME(tengah) + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik > Anda akan masuk ke recovery mode Android
4. Dengan menggunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan "Factory reset / wipe data"
5. Tekan tombol HOME untuk memulai proses > harap sabar saat proses berlangsung
6. Reboot handphone
Jadi, bila Anda mengalami boot loop pada handphone Android atau Anda lupa akan kata sandi atau pengunci pola handphone Android, yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk ke recovery mode > lakukan Factory Reset / Wipe data. Sekarang yang menjadi masalah adalah banyak orang yang tidak mengetahui cara masuk recovery mode tablet / handphone Android miliknya.

Berikut adalah cara masuk recovery mode beberapa tipe handphone Android. (diurutkan berdasarkan abjad merk handphone)

Note: Untuk masuk ke recovery mode, semuanya dilakukan dari kondisi handphone mati (off)

ACER


Acer BeTouch E210 dan Acer Liquid Metal:
Tekan Tombol Volume Down + Camera + Power Secara bersamaan > Ikuti petunjuk yang ada di layar

ADVAN


Advan T1c:
Tekan tombol POWER, setelah mulai start-up, tekan tombol Volume Down hingga keluar gambar Android dan Segitiga + tanda seru /!\. Setelah itu tekan tombol HOME untuk masuk ke recovery mode. Bila tombol HOME tidak berfungsi, coba tekan tombol MENU.

CROSS


Cross A1 Tabmate:
Tekan dan tahan tombol Vol Down lalu tekan tombol POWER (keduanya jangan dilepas sampai masuk recovery mode)

Cross AD350:


Tekan tombol HOME + Volume Down + Tekan tombol Power > akan muncul tanda /!\ > tekan tombol HOME

Cross A6T TabMate:


Tekan Tombol Home + Volume Up + Tombol Power

CSL


Blueberry CSL Mi 410:
Tekan dan tahan tombol Volume Up + Volume Down + Power secara bersamaan > setelah itu tekan tombol HOME

Blueberry CSL Mi 320:


Tekan Trackpad + tombol Volume Up + Power bersamaan

HUAWEI


Huawei X3 dan X5:
Tekan dan tahan tombol vol up + tombol Power

Huawei S7:


Tekan tombol MENU + Call + Power
Ideos C8150 (AHA Touch):
Tekan tombol Call + Volume Up + Tombol Power

IMO


IMO Tab Z5:
Takan Tombol Power + Volume Down secara bersamaan > saat ada tampilan IMO, lepas tombol Power (Tombol Volume tetap ditahan).

IVIO


IVIO DE88:
Tekan dan tahan Tombol Camera + Tombol HOME > tunggu hingga muncul logo Android, langsung tekan tombol MENU+BACK bersamaan. Navigasi menggunakan tombol Volume, untuk memilh atau OK gunakan tombol Camera.

LG


LG L3 E400:
Tekan Tombol Tengah + Volume Atas + Tombol Power > tunggu sampai muncul logo LG , lepas tombol power.

Cara Hard Reset LG L3 E400:


Tekan Tombol Tengah + Volume Bawah + Tombol Power, setelah bergetar dan keluar logo LG , lepas tombol power > tunggu beberapa saat.

SAMSUNG


Samsung Galaxy Mini, Galaxy Ace, Galaxy Gio dan Galaxy Fit:
Tekan tombol Home(tengah) + Power, tunggu sampai muncul logo Samsung.

Samsung Galaxy 551:


Tekan tombol huruf T + tombol Power. Untuk navigasi atas bawah dapat menggunakan tombol panah, sedangkan untuk melakukan pilihan menggunakan tombol Shift.

Samsung Galaxy Pro:


Tekan tombol T + Tombol Power.

Samsung Galaxy Y (Young) GSM

:Tekan tombol Vol Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik.

Samsung Galaxy Y (Young) CDMA

:Matikan HP > Tekan tombol Power, saat muncul logo Samsung > tekan tombol VOL UP sampai masuk ke recovery Mode. Kalau handphone menyala normal masuk ke menu seperti biasa, matikan handphone lagi dan ulangi proses dari awal.

Samsung Galaxy W (Wonder):

Tekan tombol Volume Up + Tombol HOME (tombol tengah) + Tombol Power secara bersamaan > tunggu sampai keluar logo Samsung, lalu tekan tombol MENU (tombol sebelah kiri dari tombol HOME).

Samsung Galaxy Tab 7? (P1000) / Tab 7 Plus (P6200):

Matikan Tablet lalu Tekan tombol Volume UP + Tombol Power secara bersamaan sampai layar menyala.

Samsung Galaxy Note N7000

:Tekan tombol Volume UP+Home+Power > tunggu sampai muncul tulisan Galaxy Note, setelah itu lepas ketiga tombol tersebut.
PERINGATAN!: Bagi Anda yang menggunakan Galaxy Note dengan sistem operasi Ice Cream Sandwich Android 4.0.x, sebaiknya jangan melakukan factory reset karena ROM ini menurut beberapa pengguna memiliki bug yang dapat merusak HP.

Samsung Galaxy Mini II S6500

:Tekan tombol Volume up+ Volume down + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan.

Samsung Galaxy Chat GT-B5330

:Tekan tombol Volume Down + Home + Power.

Samsung Galaxy Ace Plus

:Tekan tombol Vol UP + Vol Down + Tombol HOME bersamaan lalu selagi ketiga tombol tsb ditekan, tekan tombol POWER lalu langsung dilepas (jgn ditahan). Tunggu sampai masuk menu recovery baru lepas semua tombol.
SMARTFRENAndromax:
Tekan dan tahan tombol Power + Volume Down. Bila sukses masuk ke recovery mode, gunakan tombol Vol UP/Down untuk memilih menu. Utk melakukan pilihan, tekan tombol MENU yang terletak di sebelah tombol HOME atau tombol touch screen yg bergaris 4.

TABULET

Tabulet Sparta:
Dalam keadaan perangkat terhubung dengan charger, tekan tombol Power + Volume Up + Vol Down.

TOM

Tom i20:
Tekan tombol Volume up + Power secara bersamaan
Untuk kasus BootLoop, jika setelah dilakukan factory reset ternyata tidak menyelesaikan masalah (perangkat Android tetap tidak bisa masuk ke menu), maka untuk mengatasinya pada umumnya dengan cara melakukan flash firmware atau menginstall ulang sistem operasi handphone). Cara flash firmware tiap handphone atau tablet Android bisa berbeda-beda dari satu tipe dengan tipe yang lain. Bila Anda ingin melakukan flash firmware dan ingin mengetahui caranya, coba cari informasi melalui forum-forum Android, atau situs yang dapat dipercaya.

Semoga Cara Cepat Reset Ulang Smartphone Android Seperti Baru dari Pabrik 2015 ini bermanfaat

Comments


EmoticonEmoticon