Tuesday, April 12, 2016

Macam - Macam Hijab Modern yang Terkenal di Indonesia

Macam - Macam Hijab Modern yang Terkenal di Indonesia - Dari wikipedia pegertian jilabab  Jilbāb (Arab: جلباب ) adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab. Sementara kerudung sendiri di dalam Al-Qur'an disebut dengan istilah khumur, sebagaimana terdapat pada surat An Nuur ayat 31:

Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudung-nya) ke dadanya. (An Nuur :31)

Pengertian Jilbab, Hijab dan Kerudung

Asy Syaih Athiyah Shoqor (Ulama` ternama Mesir) ketika ditanya hukum seorang wanita yang cuma mengenakan penutup kepala yang bisa menutup rambut dan leher saja tanpa memanjangkan kain penutup itu ke dada dan sekitarnya, beliau menjawab dengan membagi permasalahan menutup aurat (kepala) itu menjadi tiga :

  • Khimar (kerudung) yaitu segala bentuk penutup kepala wanita baik itu yang panjang menutup kepala dada dan badan wanita atau yang hanya rambut dan leher saja.
  • Niqob atau burqo`(cadar) yaitu kain penutup wajah wanita dan ini sudah ada dan dikenal dari zaman sebelum Islam datang seperti yang tertulis di surat kejadian dalam kitab Injil. Namun kata beliau ini juga kadang disebut Khimar
  • Hijab (tutup) yaitu semua yang dimaksudkan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya fitnah jinsiyah (godaan seksual) baik dengan menahan pandangan, tidak mengubah intonasi suara bicara wanita supaya terdengan lebih menarik dan menggugah, menutup aurat dan lain sebagainya, semuanya ini dinamankan hijab bagi wanita

Nah untuk jilbab atau penutup kepala yang hanya menutup rambut dan leher serta tidak ada sedikitpun cela yang menampakkan kulit wanita, maka itu adalah batas minimal dalam menutup aurat wanita.adapun apabila melabuhkan kain penutup kepala ke bawah bagian dada dan sekitarnya maka itu termasuk hukum sunat yang tidak harus dilakukan dan dilarang untuk dipaksakan pada orang lain.

Beliau juga menambahkan apabila fitnah jinsiyah itu lebih dimungkinkan dengan terbukanya wajah seorang wanita sebab terlalu cantik dan banyak mata yang memandang maka menutup wajah itu adalah wajib baginya, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selanjutnya, dan bila kecantikan wajah wanita itu dalam stara rata-rata atau menengah ke bawah maka menutupnya adalah sunat.

Mungkin yang difatwakan oleh beliau inilah jalan keluar terbaik untuk mencapai kebenaran dan jalan tengah menempuh kesepakatan dalam masalah manutup wajah wanita dan berjilbab yang dari dulu sampai sekarang masih di persengketakan ulama` tentang cara, wajib dan tidak wajibnya.

Macam - Macam Hijab Modern yang Terkenal di Indonesia


Macam Macam Hijab Modern

Berkembangnya penggunaan hijab ini, juga memunculkan hal hal yang juga berkembang, seperti banyaknya hijab keluaran terbaru. Apa sajakah jenis dari macam macam hijab modern yang bisa anda gunakan? Berikut adalah pilihannya:
Hijab model bergo
Hijab model bergo (Pinkemma)

Hijab Bergo

Sebenarnya anda sudah mengetahui ini jenis ini sejak lama, di mana pemakaiannya yang ganya tinggal dimasukkan ke kepala anda. Hijab ini merupakan model dengan penggemar yang cukup banyak. Anda juga dapat menambahkan aksesoris-aksesoris lainnya untuk mempercantik penampilan anda.

Jilbab Segitiga

Selanjutnya ada jilbab segitiga. Dengan modelnya, jilbab ini diperuntukkan untuk penggunaan ke acara acara formal, seperti undangan. Anda juga dapat menggunakannya ke acara pesta. Kerudung ini juga memiliki model yang sangat beragam. Anda dapat mengkombinasikan penggunaan jilbab ini dengan berbagai macam aksesoris anda. Jilbab ini menjadi sangat populer untuk digunakan, karena banyaknya para selebritis yang menggunakan jilbab jenis ini.
Gaya hijab segitiga kreasi
Gaya hijab segitiga kreasi (Thehijabstyles)

Pashmina

Dengan model yang sudah sangat anda kenal, pashmina masuk ke jajaran jilbab modern yang selanjutnya. Jenis ini memang sudah anda kenal sejak dulu, tapi dengan berbagai macam perkembangan terbarunya, tentu anda kian menyukai bentuk jilbab yang satu ini. Oleh karenanya, banyak sekali model model terbaru yang tentunya menarik perhatian anda. Tetapi jangan lupa, kesantunan yang anda perlihatkan ketika memakai jilbab adalah yang utama dari macam macam hijab yang tersedia di pasaran.
Hijab model pashmina
Hijab model pashmina (Stylonica)
Comments