Gaya Hidup - Cara Berpakaian - Cara Memakai Hijab - Tampil Stylish

Cara Menyehatkan Kulit dengan Makanan Sehat

Cara Menyehatkan Kulit dengan Makanan Sehat - Kulit yang sehat adalah salah satu yang didambakan oleh banyak orang terutama bagi kaum hawa, nah bagaimana untuk mendapatkan kulit yang sehat dengan cara yang baik? salah satunya adalah dengan makan makanan yang sehat dan tentunya harus halal.

Yuk kita simak dulu Hadits Rasulullah SAW tentang makan.

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Rasulullah shallallahi ‘alaihi wa sallam bersabda,

ما ملأ آدميٌّ وعاءً شرًّا من بطن، بحسب ابن آدم أكلات يُقمن صلبَه، فإن كان لا محالة، فثُلثٌ لطعامه، وثلثٌ لشرابه، وثلثٌ لنفَسِه

“Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihinya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernafas”.

Imam Asy-Syafi’i rahimahullah menjelaskan,

لان الشبع يثقل البدن، ويقسي القلب، ويزيل الفطنة، ويجلب النوم، ويضعف عن العبادة

“Karena kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, membuat sering tidur dan lemah untuk beribadah”.

Bahkan kekenyangan hukumnya bisa haram, Ibnu Hajar rahimahullah berkata,

وما جاء من النهي عنه محمول على الشبع الذي يثقل المعدة ويثبط صاحبه عن القيام للعبادة ويفضي إلى البطر والأشر والنوم والكسل وقد تنتهي كراهته إلى التحريم بحسب ما يترتب عليه من المفسدة

“Larangan kekenyangan dimaksudkan pada kekenyangan yang membuat penuh perut dan membuat orangnya berat untuk melaksanakan ibadah dan membuat angkuh, bernafsu, banyak tidur dan malas. Bisa jadi hukumnya berubah dari makruh menjadi haram sesuai dengan dampak buruk yang ditimbulkan (misalnya membahayakan kesehatan, pent)”.

Cara Menyehatkan Kulit dengan Makanan Sehat


A. Menyehatkan Kulit dengan Almond

Almond yang termasuk biji-bijan (bukan kacang),  mengandung vitamin E dengan efek sunblock yang sangat kuat. Dalam penelitian, beberapa relawan diminta mengkonsumsi 14 mg vitamin per hari (atau sekitar 20 biji almond), lalu dijemur dibawah teriknya sinar UV, hasilnya yang mengkonsumsi vitamin atau almond tadi lebih sedikit terkena efek kerusakan akibat sinar matahari dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi vitamin. Dari penelitian ini Jeffrey Dover, MD seorang profesor dalam bidang dermatologi dari Universitas Yale menarik kesimpulan  bahwa vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari sinar UV dan faktor lingkungan lainya seperti radikal bebas yang dapat merusak sel.

B. Menyehatkan Kulit dengan Wortel

Sayuran yang satu ini tak hanya  baik untuk kesehatan mata, tetapi juga ampuh dalam mengobati jerawat. Menurut Howard Murad, MD, seorang profesor dermatologi dari UCLA David Geffen School of Medicine menyatakan bahwa vitamin A yang terkandung dalam wortel dapat membantu mencegah kelebihan produksi sel di lapisan kulit terluar, sehingga mengurangi penyumbatan pori-pori oleh sel-sel kulit mati yang bercampur dengan sebum. Selain itu vitamin A juga dapat mengurangi perkembangan sel kangker pada kulit. 
Cara Menyehatkan Kulit dengan Makanan Sehat


C. Menyehatkan Kulit dengan Dark Chocolate (Cocoa)

Makanan yang satu ini pasti anda suka. Tidak salah, karena dalam dark chocolate ini terkandung flavonol (antioksidan) yang dapat mengurangi tingkat ke-kasaran kulit serta melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Dalam penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Nutrition, wanita yang meminum cocoa yang dengan kandungan 326 mg flavonol memiliki tekstur kulit yang lebih baik dan lebih tahan terhadap sinar UV daripada mereka yang hanya meminum cocoa dengan kandungan antioksidan dalam jumlah yang sedikit. Untuk mendapatkan khasiat diatas, anda hanya perlu mengkonsumsi beberapa ons cocoa per hari.

D. Menyehatkan Kulit dengan Flaxseeds (Biji Rami)

Flaxseeds mengandung asam lemak omega-3 yang mampu memudarkan bintik-bintik hitam dan garis-garis halus pada kulit anda. The British Journal of Nutrition melaporkan dalam suatu studi seorang peserta mengkonsumsi sekitar 2 gram flaxseeds oil atau sekitar setengah sendok teh, dan dalam 6 minggu iritasi dan kemerahan pada kulitnya berkurang dengan signifikan. Kandungan lemak didalamnya diyakini dapat menahan respon tubuh anda terhadap iritasi dan mengikat air pada sel-sel kulit sehingga keriput berkurang. Flaxseeds bisa disajikan dengan menaburkannya pada oatmeal atau sayuran.

E. Menyehatkan Kulit dengan Teh Hijau

Seduhan teh hijau baiknya dikonsumsi saat masih panas. Dalam sebuah studi The Journa of Nutrition Biochemistry tahun 2007 menemukan bahwa meminum 2-6 cangkir teh hijau setiap hari tidak hanya membantu mencegah kanker kulit, tetapi juga dapat membalikan efek kerusakan yang ditimbukan oleh sinar matahari yaitu dengan menetralkan perubahan yang tampak pada kulit yang terkena sinar matahari.

F. Menyehatkan Kulit dengan Safflower Oil

minyak yang dapat membuat kulit cantik dan sehat - safflower oil

Safflower oil atau minyak yang berasal dari biji saffron mengandung asam lemak omega-6 yang dapat menjadi pelembab utama bagi orang yang menderita kulit kering dan pecah-pecah, bersisik, atau gatal-gatal. Safflower ini menjaga dinding sel agar tetap lentur, sehingga memungkinkan air untuk menembus kulit. Para ilmuwan menemukan bahwa minyak ini dapat membantu orang yang menderita penyakit kulit parah seperti eksim. 

G. Menyehatkan Kulit dengan Bayam

Diperkirakan bahwa folat yang terkandung dalam sayuran hijau ini dapat membantu memperbaiki dan mempertahankan kemampuan sel DNA, terutama menunjang sel agar dapat memperbarui diri, sehingga mengurangi kemungkinan pertumbuhan sel kanker.

H. Menyehatkan Kulit dengan Ubi Jalar

Tidak hanya rasanya yang enak, ubi jalar juga kaya akan vitamin C yang dapat menghaluskan kerutan di kulit. Vitamin C sangat penting bagi produksi kolagen. Semakin banyak kolagen yang anda miliki, semakin sedikit kerutan yang terlihat di kulit anda. Dalam penelitian The American Journal of Clicical Nutrition menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi sekitar 4 mg vitamin C setiap hari selama tiga tahun, berkurang keriputnya sebesar 11%.

I. Menyehatkan Kulit dengan Tomat

Lycopene, fitokimia yang membuat tomat berwarna merah berkhasiat mengurangi penuaan kulit akibat radikal bebas yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Tubuh anda memperoleh banyak nutrisi pelindung sinar matahari saat sayuran dalam keadaan panas. Hanya dengan setengah cangkir tomat yang dimasak atau dalam bentuk pasta memiliki kandungan lycopene sekitar 16 mg. Sama halnya dengan tabir surya, dosis harian tadi dapat membantu anda menghindari efek kerusakan kulit akibat sengatan sinar matahari.

J. Menyehatkan Kulit dengan Tuna Kaleng

Sandwich tuna meleleh favorite anda memiliki khasiat yang tersembunyi, nutrisi ini berkhasiat merawat elastin, yaitu protein yang membuat kulit anda halus dan kencang. Selain itu kandungan antioksidan yang diyakini menahan sinar matahari (menghindarkan radikal bebas yang muncul akibat sengatan sinar UV dari kerusakan sel kulit).

Semoga tulisan mengenai Cara Menyehatkan Kulit dengan Makanan Sehat ini bisa bermanfaat yah.

Wabillahi taufiq Wal Hidayah … Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ila ha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika … Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Cara Menyehatkan Kulit dengan Makanan Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: azhar al

0 komentar:

Post a Comment