Saturday, September 10, 2016

Tips Bermake Up Agar Tahan Lama

Tips Bermake Up Agar Tahan Lama - Make up berfungsi untuk menambah keindahan untuk kaum wanita, namun tentunya ketika kita bermake up agar tidak berlebih-lebihan, karena Allah SWT tidak menyukai yang berlebih-lebihan.

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab Shahih-nya, dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

((لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ)) ، قَالَ رَجُلٌ: «إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً»، قَالَ: ((إِنَّ اللهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ ؛ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ ، وَغَمْطُ النَّاسِ )) .

“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar debu.” Ada seseorang yang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.” (HR. Muslim).

Tips Bermake Up Agar Tahan Lama

Tips Bermake Up Agar Tahan Lama

1 - Gunakan Make Up Primer Terlebih Dahulu (Tips Bermake Up Agar Tahan Lama)

Bila anda memiliki kulit wajah yang berminyak, gunakan make up primer untuk membuat riasan yang anda pakai setelahnya tahan lama. Paling tidak untuk area-area berminyak seperti daerah T, dahi, hidung, serta dagu gunakan make up primer anti kilap dan bebas minyak, setelah sebelumnya wajah anda dibersihkan, sebelum penggunaan alas bedak, bedak, dan make up lainnya.

2 - Sediakan Kerta Minyak (Tips Bermake Up Agar Tahan Lama)

Agar make up sekitar mata terlihat halus, hindari penggunaan cocealer pada kelopak mata, meskipun banyak para wanita menggunakannya untuk menutupi lingkaran hitam atau kemerahan di area tersebut. Sebaiknya gunakan make up primer yang telah dirancang khusus untuk kelopak mata, sebagai dasar make up untuk menyempurnakan riasan eye shadow dan eye liner.

3 - Gunakan Bedak Secukupnya (Tips Bermake Up Agar Tahan Lama)

Meggunakan bedak cukup tebal tampaknya solusi yang benar untuk mengatasi hal ini, namun ternyata dengan melakukan hal ini justru dapat membuat pori-pori anda mengeluarkan minyak lebih banyak. Jika tsudah terlanjur menggunakan bedak tebal, anda dapat membasahi spon lalu ulaskan pada bagian yandiberi bedak tebal tadi.

4 - Kertas Minyak (Tips Bermake Up Agar Tahan Lama)
Walaupun anda telah ber-make up sempurna di pagi hari, jika anda memiliki kulit wajah yang berminyak, make up anda tetap akan terlihat mengkilap saat siang hari. Solusinya adalah dengan menyiapakan beberapa lembar kertas minyak untuk mengangkat minyak tersebut dari kulit anda. Siapkan juga sedikit bedak untuk diulaskan pada area yang mengkilap.

Trik penggunaan kertas minyak agar tidak menghapus riasan adalah dengan menekan kertas di atas bagian kulit wajah anda yang berminyak, bukan dengan menggosoknya.

5 - Pilih Produk yang Bebas Minyak (Tips Bermake Up Agar Tahan Lama)

Jika kulit anda sangat berminyak, gunakanlah make up (khususnya foundation dan blush on) yang bersifat noncomedogenic dan bebas minyak, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori saat dipakai. Gunakan juga cleanser dan toner dengan campuran asam glikolat untuk mengurangi kelebihan minyak.

6 - Gunakan Produk yang Berlabel "Tahan Lama" (Tips Bermake Up Agar Tahan Lama)

Baik air maupun minyak, keduanya sama-sama dapat merusak riasan, karena itulah banyak kosmetik terutama produk untuk mata dilabeli anti/ tahan lama seperti: "waterproof" atau "water resistant" atau "long lasting". Salah satu kombinasi terbaik adalah penggunaan eyeliner water resistant (anti air) dengan eyeshadow setelah sebelumnya dibeli alas make up primer.

7. Gunakan Pelembab bukan Pelicin (Tips Bermake Up Agar Tahan Lama)

Krim yang berat seperti anti-aging boleh anda gunakan, tapi hanya pada malam hari saja. Sebelum ber make-up sebaiknya gunakan pelembab yang ringan saja untuk melembabkan tanpa membuat wajah anda berminyak.

Jangan lupa gunakan juga tabir surya, yang bebas minyak tentunya. Setelah mengoleskan tabir surya, ambil tisu lalu tempelkan pada kulit wajah yang telah diberi tabir surya. Tekan perlahan hingga kelebihan minyak terserap. Lakukan hal itu sebelum anda memberi foundation pada wajah.

8 - Kurangi Kelebihan Minyak (Tips Bermake Up Agar Tahan Lama)

Lakukanlan maskeran pada wajah secara rutin 1-2 x seminggu sebagai perawatan wajah anda. Masker terbaik untuk kulit berminyak terbuat dari kaolin atau lumpur bentonit, karena bahan tersebut secara alami dapat menyerap minyak dan kotoran serta meredakan iritasi.

Semoga tulisan tentang Tips Bermake Up Agar Tahan Lama ini bisa bermanfaat yah.
Wabillahi taufiq Wal Hidayah … Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ila ha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika … Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Comments


EmoticonEmoticon